Selasa, 10 Februari 2015

Tips Menggoreng dengan Teknik Deep Fry).

cumi_stok
Berdasarkan tips yang saya peroleh dari sini, selain memasak cumi dalam waktu yang relatif sebentar, terdapat beberapa cara untuk mencegah agar cumi yang dimasak tidak menjadi alot, diantaranya adalah:
  1. Merendam cumi dalam susu cair
  2. Membekukan cumi terlebih dahulu sebelum dimasak
Setelah beberapa kali mencoba, saya lebih nyaman dengan tips kedua karena lebih praktis ;p hehe..
Menurut saya, tips pertama memperpanjang proses persiapan cumi karena harus merendam baru bisa dimarinasi dengan bumbu. Lagipula, berdasarkan pengalaman, susu cair tidak sebaik bawang putih dalam menghilangkan amis cumi, kecuali setelah direndam dibalur lagi dengan bumbu :)
Jadi dalam hal ini, saya biasanya langsung membalur dengan bawang putih, diamkan 3 jam di bagian bawah lemari es, setelah itu masuk kefreezer semalaman untuk diolah keesokan harinya.
Praktis, gak alot, dan gak amis ;) Tapi sesuai selera sih yaa, kalau mau coba tips pertama juga boleh :)
Masih berdasarkan sumber yang sama, cumi yang ukurannya lebih besar cenderung lebih alot dibandingkan yang kecil. Jadi, kalau cumi yang Anda beli gak terlalu besar ukurannya, kemungkinan gak perlu ribet memikirkan ke-alot-annya :)
Menu ini sukses jadi andalan menu cumi yang renyah dan gak alot, sudah (berulang kali) diuji di dapur sendiri dan diujikan langsung ke konsumen berumur 3 tahun dengan testimoni sebagai berikut, “Ga susah kunyah, Bu”, hehe :D.
Satu hal yang penting, pastikan menggoreng dengan teknik deep fry dan menggorengnya pun gak perlu terlalu lama, cukup 1-2 menit tergantung besarnya irisan cumi, supaya hasilnya matang, cantik kuning kecoklatan, renyah dan pastinya gak alot :)
Selamat mencoba! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar