Senin, 05 Mei 2014

CARA MEMBUAT CINCAU HIJAU


Beberapa hari yang lalu main ke rumah teman namanya mb winarsih, di rumahnya ternyata dia mempunyai tanaman daun cincau hijau, tanamannya tumbuh dengan merambat dengan daunnya seperti daun sirih tapi lebih kecil dan ada bulu2 halusnya, baru tahu aku kalau itu daun cincau hijau dan terus terang belum pernah bikin sendiri di rumah. Aku iseng-iseng aja nanya itu daun apa, lalu dia bilang itu daun cincau hijau, ooo itu ya daunnya (sambil nunggu ditawarin, heheee...) ternyata mbak win sudah tahu apa yang aku mau, langsung ditawarin 'mau ya mbak, ini tanaman soalnya mau aku paprasi lagi biar keliatan rapi..' dengan sigap aku jawab ' mauuu '...heheee...mb win langsung metikin daun2nya ditempatin di tas plastik..Alhamdulillah..

Setelah itu aku tanya cara pembuatannya biar aku bisa langsung praktekkan di rumah..ternyata gampang bikinnya cuman diremas-remas aja tambahin air matang secukupnya, disaring, sudah jadi tinggal tunggu jadi kenyal seperti agar, tinggal mau kenyal sekali atau mau kenyal lembut, tinggal atur takaran airnya. o iya cincaunya ini katanya banyak sekali manfaatnya lo untuk tubuh kita menurut sumber2 terpercaya diantaranya bisa menyejukkan perut, menurunkan panas, menanggulangi gangguan pencernaan dan menekan kadar kolestrol...hebat ya, sayang aku belum bisa nanam karena bibitnya belum dapat katanya bibitnya dibawa dari yogya, btw makasih sekali daun cincaunya ya mbak win..sudah aku praktekkan di rumah dan ini hasilnya

Langkah 1 : dalam baskom cuci bersih daun cincau dengan air bersih, kemudian tiriskan.


Langkah 2 : Tambahkan air matang suam-suam kuku ke dalam baskom sesuai selera, kalau suka kenyal        sekali cukup tambahkan sedikit air kurleb 300-400 ml air matang, kalau suka kenyal lembut tambahin airnya. Kemudian remas-remas daunnya, untuk mempermudah meremas daun2nya, sobek2 dahulu daunnya.


Langkah 3 : Remas-remas daun sampai menjadi daun-daun kecil seperti bubur dan mengeluarkan gel-gel yang berwarna hijau.Jangan terlalu kuat meremasnya ya, karena nanti bisa menghasilkan busa yang berlebihan, bisa berpengaruh dengan hasil akhirnya nanti, memerasnya dengan perlahan-lahan saja.


Langkah 4 : Setelah dirasa cukup, saring bubur daun ke dalam wadah sambil diremas perlahan.


Langkah 5 : Ini hasilnya, tinggal tunggu kenyalnya saja, kalau mau cepat masukkan dalam kulkas, siap dibuat minuman yang segar dan menyehatkan.


Setelah kenyal yuk sekarang tinggal kita eksekusi menjadi Es cincau hijau saus santan, mak nyusss...

--- SELAMAT MENCOBA YA ---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar